Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Sejarah, Jenis dan Klasifikasi Penggunaan Bus

Bus, berasal dari sifat dalam bahasa latin omnibus yang memiliki arti "untuk semua", secara jamak omnis-e yang berarti"semua". Dalam bahasa perancis voiture omnibus yang berarti "kendaraan untuk semua" atau "kendaraan untuk rakyat"

 

 

bus

 

 

 

Beberapa Sejarah Bus

 

Bus uap


Amédée Bollée L'Obéissante (1875)

Layanan bus antarkota reguler dengan bus bertenaga uap dipelopori di Inggris pada tahun 1830-an oleh Walter Hancock dan oleh rekan-rekan Sir Goldsworthy Gurney, antara lain, menjalankan layanan yang dapat diandalkan atas kondisi jalan yang terlalu berbahaya untuk transportasi kuda



Bus troli



Bus troli pertama di dunia, Berlin 1882

 

Pengembangan bus sejalan dengan penemuan bus troli, biasanya dialirkan melalui tiang troli oleh kabel listrk aliran atas. Siemens bersaudara, William di Inggris dan Ernst Werner di Jerman, berkolaborasi dalam pengembangan konsep bus troli. Sir William pertama kali mengusulkan gagasan itu dalam sebuah artikel di Journal of Society of Arts pada tahun 1881 sebagai "...pengaturan pada sebuah omnibus biasa...dengan tiang-tiang listrik yang sejajar di kedua pinggir jalan raya, dan dua kabel yang tergantung dari tiang-tiang ini, adalah tempat rol kontak berjalan di antara dua kabel ini, arus dapat dialirkan ke mobil trem, dan kembali lagi ke mesin dinamo di gardu listrik, tanpa perlu berjalan di atas rel sama sekali."


Bus motor

 

Omnibus pembakaran dalam pertama tahun 1895 (Siegen hingga Netphen)

Di Siegerland, Jerman, dua jalur bus penumpang berjalan sebentar, tetapi tidak menguntungkan, pada tahun 1895 menggunakan bus motor enam penumpang yang dikembangkan dari Benz Viktoria tahun 1893.[3] Jalur bus komersial lain, yang menggunakan omnibus Benz model yang sama, berjalan untuk waktu yang singkat pada tahun 1898 di daerah pedesaan di sekitar Llandudno, Wales.





 

Jenis Bus


Jenis bus mencakup :

  1. Bus satu lantai, 
  2. Bus tingkat (keduanya biasanya dengan sasis tunggal)
  3. Bus gandeng (atau 'bus tempel') yang memiliki prevalensi bervariasi dari satu negara ke negara lain.



Bus gandeng berkapasitas tinggi juga diproduksi—umumnya berupa bus yang digandeng ke bus lain atau ditarik truk trailer (sebagai kereta gandeng/kereta tempel).

Midibus yang lebih kecil memiliki kapasitas penumpang lebih kecil dan bus atap terbuka biasanya digunakan untuk tujuan liburan. Di banyak armada baru, khususnya dalam sistem transit lokal, terjadi pergeseran ke bus lantai rendah, terutama untuk aksesibilitas difabel yang lebih mudah.


Bus yang lebih besar dirancang untuk perjalanan jarak jauh dan biasanya dilengkapi dengan kursi penumpang reclining, sabuk pengaman, toilet, dan sistem hiburan audio visual, dan dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dengan kapasitas bagasi lebih besar. Bus tersebut bisa satu atau dua tingkat, digandeng-gandeng, dan sering kali menyertakan kompartemen bagasi terpisah di bawah lantai penumpang.


Bus berpemandu dilengkapi dengan teknologi untuk memungkinkannya berjalan di jalur pemandu (seperti rel) yang ditentukan, memungkinkan penyelarasan terkontrol di halte bus dan lebih sedikit ruang yang diambil oleh jalur yang dipandu daripada jalan konvensional atau jalur bus .


Pembuatan bus dapat dilakukan oleh satu perusahaan karoseri (produsen integral), atau oleh satu produsen membuat badan bus di atas sasis yang diproduksi oleh pihak lain. Karoseri berasal dari bahasa Belanda: Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka/sasis mobil atau sasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis.

Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari mobil pikap, termasuk juga pembuatan bus dari sasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disampaing kendaraan khusus seperti ambulans, pemadam kebakaran.

Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (carbon fibers).




Klasifikasi Penggunaan Bus


Dari segi penggunaannya, Bus dibagi menjadi beberapa penjabaran


  • Transportasi umum
  • Pariwisata
  • Transportasi pelajar
  • Carteran
  • Kepemilikan pribadi
  • Promosi
  • Transportasi barang

 

 

 


Bus untuk Transportasi umum



Bus transit, digunakan pada layanan bus umum, memiliki perlengkapan yang dirancang untuk pergerakan yang lebih efisien bagi seluruh penumpangnya, dan sering kali memiliki banyak pintu. Bus besar digunakan untuk rute jarak jauh. Layanan bus rapid transit berkapasitas tinggi dapat menggunakan bus gandeng atau bus-trem seperti Wright StreetCar dan Irisbus Civis.

Layanan bus kecil dan besar sering beroperasi pada jadwal angkutan umum yang telah ditentukan rute dan waktunya, tetapi kendaraan yang lebih kecil dapat digunakan bergantung permintaan penumpang



Bus untuk Pariwisata



Bus memainkan peran utama dalam industri pariwisata. Bus pariwisata di seluruh dunia memungkinkan wisatawan untuk melihat objek wisata atau pemandangan. Umumnya menggunakan bus atap terbuka, tetapi bisa juga dengan bus besar biasa.


Bus merupakan komponen umum dari industri paket liburan, yang menyediakan transfer bandara pribadi (selain bus bandara umum) dan wisata yang diorganisir sendiri oleh pemesan.



Bus pariwisata juga dapat disewa oleh rombongan sebagai bagian dari tamasya di tujuan liburan yang populer. Bus ini dapat menawarkan pemberhentian tertentu di semua tempat wisata tujuan atau memungkinkan penggunanya membuat rencana perjalanan mereka sendiri sesuai tempat dan kegiatan yang ingin mereka liput saat dalam perjalanan mereka. 

 

Biasanya Bus pariwisata dilengkapi dengan staf yang profesional dan berpengetahuan, asuransi, dan tunduk pada standar keselamatan yang diatur oleh negara. Tidak hanya ini, bus juga menyediakan fasilitas hiburan, reclining seat, jendela pemandangan besar, dan bahkan toilet jika diperlukan.



Jaringan jalur bus umum jarak jauh juga sering digunakan sebagai jalur perjalanan berbiaya rendah oleh siswa atau pemuda yang bepergian mengelilingi dunia. Beberapa perusahaan seperti Topdeck Travel didirikan untuk secara khusus menggunakan bus untuk melewati Jalur Hippie atau bepergian ke tempat-tempat seperti Afrika Utara.



Di banyak tujuan wisata atau perjalanan, bus adalah bagian dari daya tarik wisata, seperti bus troli wisata Amerika Utara, jalur bus historis AEC Routemaster London, atau bus kustom Malta, Asia, dan Amerika. Contoh lain dari perhentian wisata adalah rumah-rumah selebritas, seperti tur yang berbasis di dekat Hollywood. Ada beberapa layanan antara 6000 dan 7000 Hollywood Boulevard di Los Angeles. 




Bus untuk Transportasi pelajar



Di beberapa negara, khususnya AS dan Kanada, bus yang digunakan untuk mengangkut anak-anak sekolah telah berevolusi menjadi desain khusus dengan fitur wajib yang ditentukan. 

 

Negara-negara bagian Amerika juga telah mengadopsi undang-undang tentang perilaku pemotor di sekitar bus sekolah, termasuk denda yang serius dan kemungkinan hukuman penjara untuk mendahului bus sekolah yang berhenti saat menurunkan penumpang anak-anak

 

Bus sekolah ini menampilkan hal-hal seperti livery kuning dan penjaga persimpangan. Negara lain dapat mewajibkan penggunaan sabuk pengaman. Paling tidak, banyak negara mewajibkan bus memasang rambu-rambu, dan mungkin juga mengadopsi warna kuning. 

 

Transportasi siswa sering menggunakan bus tua yang sudah uzur dari pelayanan umum, dilengkapi dengan lebih banyak kursi atau sabuk pengaman. Transportasi siswa dapat dioperasikan oleh otoritas lokal atau kontraktor swasta. Sekolah juga dapat memiliki dan mengoperasikan bus sendiri untuk kebutuhan transportasi lain, seperti kunjungan lapangan kelas, atau transportasi ke kejuaraan sekolah di bidang olahraga, musik, atau ajang lainnya.




Bus untuk Carteran / Sewa


 

Karena biaya yang mahal untuk memiliki, mengoperasikan, dan mengemudikan bus sendiri, banyak bus beroperasi dalam bentuk sewa atau carteran, baik untuk satu atau dua hari atau jangka waktu kontrak yang lebih lama. Perusahaan bus carteran menyediakan kendaraan dan driver yang berkualitas.


Perusahaan tersebut dapat bersifat independen, atau bisnis sampingan dari sebuah operator bus umum yang memanfaatkan bus-bus yang menganggur. 

 

Banyak perusahaan taksi juga mengoperasikan minibus bila yang bepergian merupakan rombongan. Perusahaan atau organisasi dapat menyewa bus sebagai sebagai metode murah untuk mengangkut orang ke berbagai tujuan, seperti acara atau rekreasi. 

 

Sekolah juga dapat mencarter bus untuk mengangkut siswanya dari dan ke rumah. 

 

Bus carteran juga digunakan oleh lembaga pendidikan baik untuk kunjungan ataupun seminar. Perusahaan hiburan atau promotor ajang dapat mencarter bus untuk mengangkut penumpang ataupun barang ke konferensi atau festival. 

 

Bus pesta dapat digunakan dengan hal yang sama seperti limosin pribadi, sebagai kendaraan mewah pribadi. 

 

Bus tidur umumnya digunakan oleh grup musik atau organisasi untuk mengangkut mereka ke tempat pertunjukan bila mereka membutuhkan fasilitas tidur dan rekreasi. Terkadang pasangan mempelai pria dan wanita juga menyewa bus alih-alih mobil mewah. 

 

Bus terkadang dicarter untuk pawai atau prosesi upacara adat. Pawai kemenangan terkadang dilakukan oleh tim olahraga yang meraih juara umum, yang terkadang juga mencarter bus atap terbuka. Tim olahraga juga dapat mencarter bus untuk laga tandang ataupun kompetisi di babak final. Warna cat bus umumnya disesuaikan dengan warna tim. 

 

Perusahaan swasta terkadang juga mengontrak bus shuttle untuk mengangkut pegawai atau SPG-nya dari dan menuju, misalnya hotel, taman bermain, kampus, atau titik transfer pribadi bandar udara. Shuttle ini dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dari tempat ke tempat lain, atau berhenti di halaman parkir. Bus yang lebih mewah juga dapat dicarter sebagai transportasi VIP atau eksekutif. Bus dicarter untuk tujuan pariwisata maupun promosi. 

 

 


Bus untuk Kepemilikan pribadi



Banyak organisasi, seperti polisi, organisasi nirlaba, atau organisasi sosial dapat memiliki bus sendiri untuk efektivitas. Paling banyak menggunakan minibus demi kepraktisan, hemat pajak kendaraan bermotor, pembuatan SIM khusus, meski dapat juga memiliki bus ukuran penuh. 

 

Organisasi seperti kepanduan (pramuka) atau organisasi pemuda lain juga memiliki bus. Organisasi amal juga dapat membiayai dan mengoperasikan bus, umumnya dimodifikasi atau dapat diakses difabel. Dalam organisasi ini ada yang membiayai atau menjadi sukarelawan.


Perusahaan bandara memanfaatkan bus bandara untuk awak pesawat dan transportasi penumpang di bandar udara. Beberapa otoritas publik, polisi, dan militer menggunakan bus lapis baja yang memiliki fasilitas khusus untuk memberikan perlindungan penumpang. 

 

Dinas Rahasia Amerika Serikat (U.S. Secret Service) telah memesan dua bus lapis baja pada 2010 untuk mengangkut pejabat tinggi yang membutuhkan perlindungan khusus. 

 

Kepolisian menggunakan bus polisi untuk berbagai alasan, seperti transportasi tahanan, transportasi petugas, fasilitas penahanan sementara, dan sebagai kendaraan komando dan kontrol. Beberapa pemadam kebakaran juga menggunakan bus yang dikonversi sebagai pos komando sementara yang berada di daerah beriklim dingin memanfaatkan bus sebagai tempat berlindung yang dihangatkan di lokasi kebakaran. 

 

Kebanyakan diambil dari bekas bus sekolah ataupun umum.




Bus untuk Promosi


 

Bus sering digunakan untuk iklan, kampanye politik, kampanye informasi publik, hubungan masyarakat, atau tujuan promosi. Ini dapat berupa sewa sewaan sementara dari bus umum, atau konversi dari, biasanya bus bekas. 

 

Contohnya termasuk mengubah tampilan bus baik cat ataupun dilengkapi dengan tenda.Interior dapat dipasang untuk tujuan pameran atau informasi dengan peralatan khusus atau perangkat audio visual .
 



Iklan bus memiliki banyak bentuk, sering kali sebagai iklan interior dan eksterior dan iklan di badan bus. Praktik ini banyak digunakan pada bus carteran maupun pada bus untuk mempromosikan merek atau produk, muncul di acara-acara besar, atau mengelilingi jalan-jalan yang sibuk. 

 

Bus kadang-kadang dikelola oleh bagian promosi dari suatu perusahaan, serta memberikan hadiah gratis. Bus kampanye sering kali didekorasi secara khusus untuk kampanye politik atau kampanye kesadaran sosial lainnya, yang dirancang untuk membawa pesan khusus ke berbagai wilayah, atau digunakan untuk mengangkut personel kampanye ke daerah/pertemuan. 

 

Bus-bus ekshibisi sering dikirimkan ke acara-acara publik seperti pekan raya dan festival untuk tujuan seperti kampanye rekrutmen, misalnya oleh perusahaan swasta atau angkatan bersenjata. Proposal perencanaan kota yang kompleks dapat diorganisir menjadi sebuah bis pameran keliling untuk keperluan konsultasi publik.




Transportasi barang


Di beberapa daerah berpenduduk jarang, biasanya menggunakan Brucks, bus dengan kompartemen kargo untuk mengangkut penumpang dan kargo secara bersamaan. Mereka sangat umum di negara-negara Nordik.









 

 

Posting Komentar untuk "Pengertian, Sejarah, Jenis dan Klasifikasi Penggunaan Bus"