Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda Supra FIT-S 2007 Cerita dan Spesifikasinya

Sebagai seri sepeda motor yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1997 untuk pasar Asia, Honda Supra (kode seri NF) ternyata merupakan nama digunakan untuk Indonesia.

sedangkan di negara Asia lain motor ini dikenal sebagai Honda Wave (wilayah ASEAN), Honda Dream (Jepang, China dan Korea), atau Honda Future (India dan Asia Selatan).




Cerita Beli Motor Bekas



Inilah motor saya sejak 2014 saya beli bekas, lumayan sih belinya dulu hampir 6jt an... sepertinya keblondrong / kemahalan..


Tapi itulah gan pentingnya mengerti dunia oto, terutama dalam hal jual beli motor, bagaimana mengecek performa motor "bekas", sehingga tidak kejadian seperti saya, yang sudah beli, tapi beberapa saat kemudian harus service mesin..

 

 

 

honda supra fit s 2007

 


Tips Membeli Motor Bekas :

 

  1. Pelajari dulu tentang Spesifikasi Motornya di Internet, Bandingkan Harganya.. Anda bisa kunjungi OLX, dan sentra motor bekas lainnya di Internet
  2. Motor motor lama itu enak di Pajaknya, karena masih terhitung murah, beda sama motor keluaran baru.
  3. Ajaklah kawan anda yang paham motor kalo memang anda tidak paham, sehingga tidak ketipu.
  4. Belajarlah seputar OTOMOTIF, tidak perlu sampai ahli, minimal kita bisa menangani permasalahan sehari hari tentang motor, sehingga tidak sedikit sedikit service, nah apalagi kalo beli motor bekas.. jadi setidaknya anda bisa melakukan test secara mandiri.
  5. Pastikan Surat surat lengkap. Jika perlu segera di Balik nama, supaya pas waktu pajak, tidak bolak bali mencari orang yang punya motor sebelumnya untuk pinjam KTP, Biaya Balik Nama tidak mahal kok.. dibawah 1 jt.. wkwkwkwk ( ane pas ada GRATIS Balik Nama aja, masih bayar :) kirain gratis semua ) coba deh untuk jaga jaga, bawa uang 1 - 2jt.. ^_^ , ITU PERKIRAAN SAYA YA.. siapa tau kan masih sisa banyak... hehe

Untuk update biaya balik nama terbaru, biasa Search di Daftar Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor



Enaknya adalah, nanti udah enggak nguber nguber pemilik lama / pemilik sebelumnya buat PAJAK tiap Tahun... 



Suara Khas Honda FIT S


Suaranya BRRRMMMMM, berisik memang ini motor, lebih brisik dari pendahulunya yaitu HONDA LEGENDA.. tapi memang itulah ciri khas FIT S punya saya, Saya tidak Ganti Knalpot loh ya, karena sempat sih knalpot bocor, tetapi saya pergi ke Bengkel Las.. :) alhasil, lumayan lah.. permasalahan berhasil diperbaiki.. :)

Kenapa tidak beli Knalpot Baru? Karena saya cari cari Spare Part yang asli / ori.. Susah, karena udah lama.. kemungkinan udah discontinyu..  Jadi itu sih kelemahan MOTOR, kalo udah lama.. onderdilnya makin Susah dicari..


Rem FIT S ini ya Gan..dan katanya sih terkenal Ketangguhannya..

Tapi yang aku beli ini.. enggak..

Jadi aga was was jika di perjalanan jauh dan jalan nanjak.. 



Pernah Mogok Pas di Tanjakan


Pernah waktu ke Bumi Perkemahan Ungaran, jalannya nanjak banget pas bareng bareng temen kampus, waktu itu boncengan, malem malem..

Jalannya nannjak banget tuh lumayan, akhirnya mogok juga nih motor.


Untung langsung ngerem...alhasil dorong dalam keadaan nanjak.. ^_^ pengalaman yang memilukan..


Lagi, pas mau ke Jatim DAERAH LAWU, temen temenku was was, karena suaranya aja kalo buat kecepatan tinggi seperti kurang sehat, apalagi kalo untuk perjalanan jauh.. ^_^ akhirnya si FIT S ini dititipkan, dan saya boncengan..


Ternyata benar.. udah JAUH, dan Pulangnya ampe malem.. ^_^ untung si FIT S dititipin, kalo enggak, bisa kuwalahan di jalan nih..


Ini gara gara salah beli Motor Bekas.. ^_^ sebenarnya FIT S itu emang kata orang orang bandel, tangguh, banyak yang incer, tapi kalo performa mesin udah turun ya.. beda lagi ceritanya... wkwkw



Fit S Rem Tromol


FIT S Ini masih memiliki REM TROMOL ya, tapi enak sih tromol, tidak langsung set gitu kalo ngerem, jadi enggak kaget.



Spedometer Fit S udah Gak Beres, Mau Ganti, Sparepart Langka


Honda FIT S 2007 ini spedometernya udah Mati, jadi agak susah buat ngecek seperti Bensin, Kecepatan, kalo untuk lampu Gearnya masih hidup, sama penanda lampu penerangan..



Mau cari Spedometernya juga susah, dan Mahal biasanya kalo barang langka itu...



Sistem Transmisi Honda Fit-S


Transmisi FIT S ini masih menggunakan 4 speed, Sistem Starternya ada Kick dan Elektrik, sedangkan Kapasitas Mesin 97,10 CC, FIT S ini termasuk Model Supra FIT, bisa dilihat dari bentuknya mirip, karena memang satu keluarga.

Kapasitas Tanki Bahan Bakar si FIT S adalah 3,7 Liter, dengan Beratnya 93 Kg, setidaknya lebih berat dari badan saya.

FIT-S Termasuk jenis kendaraan "BEBEK" kalo dulu orang nganggep kalo bebek itu identik dengan cewek.. OMG, lha terus yang sekarang itu MATIC bagaimana.. malah yang pake banyak COWOK... kwkwkwkwk.. MITOS itu pokoknya, COWOK CEWEK semua sama.



Harga Fit-S Bekas


Untuk Harga sendiri ( Bekas ya ) karena udah diskontinyung.... Kisaran 3Juta - 7Juta... mungkin kelak akan lebih mahal jika dipasaran barang Antique.. :)



Konsumsi Bahan Bakar termasuk Irit


Hey! tapi perlu dihitung... ini motor udah hampir 15 Tahun loh! masih Ok aja.. :) untuk Konsumsi Bahan Bakar, setelah beberapa Tahun lalu saya service total... Udah menjadi Ngirit lagi.


Perjalanan Bawen - Semarang aja bisa sampai 2 kali PP ( Tapi enggak muter muter, alias perjalanan normal )




Cara Mengatasi Honda FIT-S Mogok, keluar bunyi ledakan


Beberapa hulan lalu saya juga mendapat masalah baru, yaitu Motor Mogok tiba tiba, karena Busi Meletuk.. alias Copot, menghasilkan suara yang mengagetkan, hal ini terjadi ketika di tanjakan dalam kondisi mesin panas..


Sempat di Ganti Busi yang Baru, dan Bisa jalan ketika di Pasang, karena saya mengira mungkin Businya udah Aus / perlu Ganti Busi


Ternyata setelah di coba lagi beberapa lama, terulang kembali, dan Mogok, ketika di cek lagi ternyata Rumah Rumahan / Drat Businya yang udah GGWP,  GOPEL, tapi sebagian sih.. kalo udah ancur sih, ketika Busi dipasang, pasti akan nyembur keluar lagi ketika di Gas.. hehe


Jadi Perlu penanganan bagian ini, ada yang menyarankan dibawa ke Tukang Bubut, tetapi ternyata disana disuruh bongkar sendiri, dan kebanyakan bengkel enggak mau, karena lama... hehe, alesannya banyak orderan...


Alhasil saya pun ke Bengkel Resmi AHASS, ya langsung saya kasih tau akar permasalahannya, saya minta bantuan ini agar bisa jadi seperti semula ( diperbaiki drat businya )  dia bilang, tidak bisa sekarang pak ( Padahal masih Mas mas ) harus di Inapkan motornya ( Pikir saya... saya udah tau kok pak, wkwkwk monggoh... yang penting bisa jadi,,, kwkwkwk udah frustasi ama bengkel yang nolak.., maklum bengkelnya bukan milik teman saya... wkwkkw )


Alhasil bisa deh, dalam kurun waktu 2 hari nan.. saya ambil...


Sekarang si FIT-S udah Normal kembali :) seneng aku pokoknya, karena si FIT-S ini adalah teman usaha saya, pas buka bisnis, nganter orderan ke pelosok semarang, Hujan hujanan bareng, sampai pernah kejegur Galian JATINGALEH sebelum sekarang jati jalan layang...

 

 

Cerita Fit-S Masuk Got Galian

 

 jadi waktu itu Hujan hujan dan Genangan tertutup air, tidak diberi tanda sama sekali ADA GALIAN DISITU. untung ada bapak bapak Jualan Kacang Ijo Bantuin, sedangkan yang lain cuman lewat aja, dan Mobil yang Klakson dibelakang udah melaju begitu aja seperti tidak bersalah... keadaannya Motor Mogok akibat Hujan kan, terus di klakson, kondisi hujan deres, saya minggir, dan gak tau itu galian, Kejegur dah ( Korban Hape Asus, gara gara ini... )

 

Kalo dari Keselamatan dalam Konstruksi, seharusnya ada semacam pembatas yang dapat memberitahukan pengguna jalan kalo disitu ada galian. Apalagi ketika musim hujan, dan rawan sekali galian tergenang air.

 

Harusnya ini diperhitungkan sejak awal khan... ini pasti ada dipelajaran "TEKNIK SIPIL" bagaimana antisipasi kejadian tak terduga di dalam sebuah proyek.


Tapi itu pengalaman yang membekas antara saya dan si FIT S ( Padahal baru ganti AKI dan Service Rautin ) harus kerendam dan Akinya pun juga Soak.





Nah, itulah gan sedikit Obrolan tentang Koleksi Motor Bekas milik saya di Website OtoRaccy ini. yang membahas tentang pengalaman Otomotif pribadi. :), mari saling belajar, jika ada kesalahan dalam penyampaian, dan sobat lebih paham, bisa membenarkan apa yang saya tulis di kolom komentar..

 


Kesimpulan


Pastikan sebelum membeli Motor Bekas, tidak hanya FIT S, melainkan semua Motor Bekas, perhatikan beberapa poin yang saya sebut diatas, biar enggak kecewa.. :)




Salam OTO! bersama OTORACCY!
















Posting Komentar untuk "Honda Supra FIT-S 2007 Cerita dan Spesifikasinya"