Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Decal Sticker? Apa bedanya dengan Scotlite Stiker?

Decal merupakan salah satu seni modifikasi tampilan motor keseluruhan maupun hanya sticker yang dipasang pada motor, dan decal ini merupakan sebuah seni motor yang cukup banyak digandrungi saat ini, biasanya bertujuan agar nampak berbeda dan memiliki ciri khas yang unik dibandingkan dengan motor tipe yang sama.

 

decal motor

 


Apa sih itu Decal?


Decal sendiri jika diterjemahkan dari bahasa inggris berarti Stiker atau transfer adalah substrat plastik, kain, kertas, atau keramik yang telah dicetak di atasnya pola atau gambar yang dapat dipindahkan ke permukaan lain saat bersentuhan, biasanya dengan bantuan panas atau air


Bedanya Decal dengan Scotlite Sticker?


Decal berbeda dengan Stiker Scotlite atau Stiker Biasa, karena jenis bahan dan proses pembuatannya berbeda sob, 

 

Kalo dari info yang pernah didapat dari rekan pegiat modifikasi tampilan motor sih,

 

Stiker Scotlite biasanya menggunakan bahan sticker impor dari cina, nanti pemasangannya, untuk stiker ditempel dulu ke body motor, setelah itu baru proses cutting yang langsung dibentuk polanya di bodi motor dengan resiko baret yang cukup besar jika tidak hati - hati, karena proses tersebut. biasanya yang buka jasa seperti ini udah professional dibidangnya sih, tidak sembarangan, sehingga tidak meninggalkan bekas baret.



Untuk merekatkan stiker pun juga tak jarang memakai korek api, walau ada beberapa jasa pemasangan yang sudah pakai hair drayer untuk merekatkannya.

 

 

Material Decal



Sedangkan untuk Decal sendiri berbeda prosesnya, untuk bahan, biasanya pakai Vinyl, untuk material vinyl sendiri juga terdapat banyak jenisnya.

 

Jenis - jenis Vinyl untuk Decal



Calendared Vinyl memiliki karakter yang tebal dan kaku, sehingga ketahanannya juga lebih lama.

Cast Vinyl, ini memiliki karakter tipis dan fleksibel banget, tapi meski demikian material ini aman dipakai bertahun tahun.

Metallic Vinyl, kelebihannya sih, material jenis ini dapat terlihat berkilauan, mengkilap seperti efek reflektif pada logam.

Fluorescent Vinyl, memiliki karakter warna yang cerah dan menonjol, sehingga dapat menarik perhatian, dalam pengaplikasian material ini bisa anda lihat pada rambu / peringatan pinggir jalan yang dapat terlihat di malam hari.

Iridescent Vinyl, dapat menunjukkan tampilan berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda pula.

Reflective Vinyl, ini memiliki karakter khas, yaitu dapat memberikan efek pantulan cahaya, jadi seperti terlihat menyala di malam hari, jadi stikernya terlihat.

Carbon Fiber Vinyl, ini juga dapat memantulkan cahaya, memiliki ukuran lebih ringan dan seperti serat karbon asli,



sedangkan untuk prosesnya, decal ini mengandalkan teknologi digital, seperti komputer untuk melakukan desain sesuai dengan pola yang di ukur, sehingga nanti setelah desain jadi, baru di cetak ke stiker putih dengan mesin print yang dapat mendukung pencetakan ke material vinyl. Setelah stiker jadi, tinggal tempel ke bodi motor menggunakan heat gun .

 

 

* Heat Gun ini merupakan alat untuk memancarkan udara atau aliran udara panas yang dapat bervariasi panasnya.  Kalo untuk memasang stiker decal sih, tidak perlu yang panas panas diatas 100 derajat... yang biasa aja, atau seperti hair dryer



Decal ini lebih praktis, jika sudah bisa buat 1 pola untuk merek dan tipe tertentu, pola tersebuit akan dapat dipakai terus, selagi tipenya sama.

 

tetapi memang untuk membedakan kualitas antara decal dengan scotlite/stiker biasa sih tergantung harganya, semakin tinggi harga, tentu akan semakin baik kualitasnya (seharusnya), karena stiker yang bagus itu adalah stiker yang bahannya tidak mudah meninggalkan bekas lem dan bahannya lentur.




Sekian ya sobat Otoraccy pembahasan kita tentang Decal dan Scotlite, pilih yang mana? itu terserah anda... ^_^ langsung aja ke tukang stiker gih.. :)



Sampai jumpa di Pembahasan Seputar Otomotif lainnya,,,








Posting Komentar untuk "Apa itu Decal Sticker? Apa bedanya dengan Scotlite Stiker?"